K. Affan Farisi
H34070087
SINOPSIS
Saat ini segala sesuatu selalu bergerak secara dinamis begitu pula keadaan pasar. Pasar selalu mengalami perubahan disebabkan oleh kebutuhan konsumen, karakteristik konsumen, kebutuhan dan keinginan serta budaya pada suatu daerah tertentu. Pasar merupakan tujuan utama bagi perusahaan yang akan memasarkan produk-produknya untuk dapat sampai ke konsumen serta mendapatkan bagian tersebdiri di hati konsumennya untuk mengkonsumsi produknya. Saat ini perubahan pasar yang paling terlihat yaitu Globalisasi dan lokalisasi.
Globalisasi merupakan suatu kondisi dimana perkembangan teknologi, komunikasi dan bisnis begitu cepat mendunia. Sedangkan lokalisasi adalah penyesuaian perusahaan yang telah mengglobal dengan daerah atau tempat yang di tempatinya dalam berusaha atau berbisnis. Pengaruh Globalisasi pada konsumen saat ini yaitu, produk yang dikonsumsi secara mendunia dan mengglobal, produk impor membanjiri pasar dan product safety.
IDENTIFIKASI PROGRAM
01. Mata pelajaran : Dinamika pasar agribisnis
02. Pokok Bahasan : Perubahan pasar
03. Sub Pokok Bahasan : Perubahan pasar karena globalisasi dan lokalisasi
04. Topik/Judul : Perubahan pasar yang begitu cepat
05. Durasi : 20 menit
06. Sasaran : Mahasiswa S1 dan masyarakat umum
07. Tujuan Instruksional Umum : Para mahasiswa dan masyarakat umum dapat
mengetahui informasi tentang perubahan pasar yang di pengaruhi oleh permintaan konsumen dan arti dari globalisasi dan lokalisasi.
08. Tujuan Instruksional khusus : Setelah mengikuti program video ini, di harapkan siswa
dan masyrakat umum dapat :
a. Menjelaskan berbagai komponen yang dapat mempengaruhi perubahan pasar.
b. Menjelaskan kondisi sekarang pada pasar dalam suatu bisnis.
c. Menjelaskan pengertian globalisasi dan lokalisasi dalam pasar global
09. Pokok Materi : a. Komponen yang dapat mempengaruhi perubahan pasar
b. Kondisi sekarang pada pasar dalam suatu bisnis.
c. Pengertian globalisasi dan lokalisasi dalam pasar global.
10. Format : Program naratif
11. Penulis : K. Affan Farisi
12. Pengkaji materi : -
13. Pengkaji Media : -
14. Casting :
- Presenter dan Narator
- Pelaku dan pakar bisnis
- Masyarakat umum.
15. Setting : Didalam dan di luar Studio
16. Properties :
- film dokumenter (Slide show)
- Jas
- Laptop
- LCD
0 komentar:
Posting Komentar